Resep Cara Membuat Es Dawet Ayu

Resep Dan Cara Membuat Es Dawet Ayu / Es Cendol - Masakan Lezats Cara membuat Es Cendol / Dawet Ayu mudah dan praktis tinggal larutkan tepung beras ketan dan tepung beras dengan air sedikit demi sedikit sampai air tersisa setengah. Masak sampai mendidih sisa air dengan air daun suji, garam, dan air kapur, matikan api, tuangkan adonan tepung pelan-pelan, aduk rata. Nyalakan kembali api, masak hingga matang dan kental sambil diaduk-aduk, angkat. Saat masih agak panas tuang adonan dawet ke dalam saringan khusus untuk dawet/cendol sambil ditekan-tekan. Tampung dawet dalam wadah berisi air matang dan bongkahan kecil es batu. Setelah mengeras, saring, sisihkan. Cara menyajikan: Tuang dalam gelas 2 sdm sirop gula merah atau sesuai selera, beri nangka, dawet dan es batu. Tuangkan santan 150-200 cc.

 
Dawet Ayu empuk dan lembut spesial mudah ditemukan di pasar-pasar tradisioanal dan pinggir-pinggir jalan. Es Dawet Ayu Asli Khas Banjarnegara segar dan lezat dan enak. Sangat cocok diminum pada cuaca musim panas, es dawet ayu dapat diminum panas/hangat atau pun dingin dengan menambahkan es batu namanya minuman es dawet ayu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara empuk ini. Berikut resep lengkap bikin sendiri es dawet ayu ga pake lama.


 Bahan-bahan dasar membuat minuman segar es dawet ayu Banjarnegara :
  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung tapioka 250 gram
  • Air sari daun pandan 100 ml
  • Air matang 600 ml
  • Es batu secukupnya
Bahan santan untuk es dawet ayu Banjarnegara :
  • Santan 1 liter
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam ½ sendok teh

Bahan larutan gula merahnya :
  • Gula merah aren 500 gram, disisir
  • Gula putih 50 gram
  • Air 250 ml

Cara membuat / mengolah es dawet ayu banjarnegara yaitu :
  1. Terlebih dahulu campurkan tepung beras, tepung tapioka, daun pandan serta air. Aduk rata. Direbus sampai mengental.
  2. Cetak adonan dawet menggunakan alat cetak dawet. Kerjakan hingga adonan habis. Letakkan wadah berisi air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal. Sisihkan.
  3. Membuat kuah santannya yaitu rebus santan, daun pandan dan garam sampai mendidih sambil terus diaduk aduk supaya santannya tidak pecah. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  4. Membuat larutan gula merahnya yaitu rebus air, gula merah serta gula putih hingga mendidih. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.
  5. Cara menyajikan es dawet ayu banjarnegara yaitu siapkan gelas, lalu masukkan dawet secukupnya, kemudian siram dengan kuah santannya dan tuangkan larutan gula merahnya. Tambahkan es batu secukupnya.
  6. Es dawet ayu banjarnegara siap disajikan.



Itulah Resep Cara Membuat Es Dawet Ayu yang enak, lezat, dan menggugah selera. Nah jika anda tertarik dan suka maka silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga maupun teman dekat anda. Selamat menguji coba semoga berhasil
Back To Top