Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Yang Enak

Resep Cara Mudah Membuat Manisan Kedondong Yang Enak - Masakan Lezats Banyak manfaat dari buah kedondong ini selain sebagai buah yang dapat dikonsumsi sebagaimana buah pada umumnya, kedondong juga dapat bermanfaat sebagai obat tradisional, seperti untuk mengobati luka bakar dan kulit perih. Bahkan daun Kedondong juga dapat dubuat sebagai daun lalapan yang memiliki citarasa yang lezat dan segar, biasanya daun kedondong muda dibuat lalapan bersama sambal dan dimakan bersama nasi yang hangat. Daun kedondong muda yang akan digunakan lalapan biasanya direbus atau dikukus terlebih dahulu.

cara mudah membuat manisan kedondong yang enak
resep manisan buah kedondong

Manfaat Buah Kedondong Yang Lain

Beberapa bagian dari kedondong seperti daun dan kulit batang pohon kedondong juga dapat bermanfaat sebagai obat tradisional yang mujarab. Baik daun kedondong dan kulit pohon kedondong ini memiliki kandungan flavanoida, saponin, dan tannin dalam jumlah yang banyak. Yang mana zat ini sangat bagus untuk mengobati disentri dan juga sakit batuk.

Ambil sekitar 15 gr kulit batang kedondong yang bersih dan segar, kemudian cuci menggunkan air bersih hingga bersih. Kemudian potong-potong menjadi bagian kecil-kecil. Rebus dengan sebanyak 2 gelas selama kurang lebih 1/4 jam saja. Dinginkan dan tuang dalam gelas dengan saringan, kemudian dapat diminum sebanyak 2 x 1 hari.

manfaat buah kedondong sebagai makanan dan obat
Manisan kedondong

Cara Membuat Manisan Kedondong - Mudah dan Menyegarkan

Untuk membuat manisan kedondong terlebih dahulu kita harus menyiapkan banah dasarnya, yaitu buah kedondong yang sudah tua atau sudah mengkal, namun belum masak. Karena yang buah kedondong yang terlalu muda rasanya akan terlalu asam. Sementara buah kedondong yang terlalu masak dan matang juga tidak bagus untuk dibuat manisan, karena terlalu lunak.

Beikut Bahan-Bahan Untuk Mmembuat Manisan kedondong :
  • Buah kedondong yang sudah matang sebanyak 1/4 Kg.
  • Garam, pewarna makanan, dan air kapur sirih secukupnya.
  • Gula pasir sebanyak 100 gr.

Keterangan Bahan:

Larutan Gula Pasir

Larutan gula pasir yang akan dipakai 40%, maksudnya adalah 400 gr gula pasir untuk 1 Liter air. Larutan Air dan gula dipanaskan hingga mendidih dan masak. Larutan Air dan Gula pasir ini fungsinya adalah sebagai penyerap air yang ada didalam daging buah kedondong dan juga berfungsi memberikan rasa manis pada buah kedondong, dengan begitu manisan kedondong juga akan lebih awet.

Larutan kapur sirih

Cara pembuatan Larutan kapur sirih adalah dengan dengan memasukkan 1 s/d 2 sdm kapur sirih kedalam 1 s/d 1,5 liter air dan diaduk hingga bercampur rata. Kemudian diamkan Larutan kapur sirih tersebut hinga mengendap bagian yang keruh. Bagian endapan dibuang dan hanya bagian larutan yang jernih yang selanjutnya akan digunakan untuk merendam buah kedondong. Larutan kapur sirih ini memiliki peran untuk mengeraskan buah kedondong sehingga menjadi lebih renyah, dengan memperbaiki teksture daging buah kedondong.

Larutan Natrium bisulfit

Larutan ini dibuat dengan melarutkan 0,5 s/d 1gr natrium bisulfit dengan 1 liter air. Larutan ini bertugas mencegah pencoklatan pada buah kedondong, dan mempertahankan warna asli dari buah kedondong yang segar, sehingga manisan kedondong akan tampak segar dilihat.

Bahan Pengawet

Bahan pengawet yang digunakan dapat dibuat dengan asam sitrat sebanyak 2 s/d 5gr saja. dan natrium benzoate sebanyak 0,5 s/d 1gr saja. Zat ssam sitrat ini akan memberikan rasa asam yang sergar pada manisan kedondong. sementara sodium benzoat fungsinya sebagai bahan pengawet yang akan menghambat mikroba yang tumbuh, sehngga untuk manisan kedondong dapat disimpan lebih lama.

Cara membuat Manisan Kedondong

Nah, berikut adalah tahapan cara pembuatan manisan kedondong;

  • Kupas buah kedondong lalu potong-potong kecil-kecil panjang, dan cuci denga air hingga bersih.
  • Rendam potongan buah kedodong yang telah dibersihkan tadi dengan air kapur sirih yang sudah disaring terlebih dahulu selama kurang lebih 1 s/d 2 jam saja.
  • Kemudian angkat dan tiriskan buah kedondong, kemudian cuci dengan air hingga bersih.
  • Siapkan campuran gula pasir, garam dan pewarna makanan secukupnya, lalu rebus air gula dan sambil diaduk hingga gula menjadi larut dengan air.
  • Selanjutnya masukan kedondong kedalam larutan air gula dan diamkan hinga mendidih, selanjutnya angkat dan dinginkan.
  • Manisan kedondong sudah jadi.
  • Simpanlah manisan kedondong tersebut didalam lemari es pndingin.
  • Manisan kedondong siap disajikan kapan saja.



Itulah Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Yang Enak yang enak, lezat, dan menggugah selera. Nah jika anda tertarik dan suka maka silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga maupun teman dekat anda. Selamat menguji coba semoga berhasil
Back To Top